Pengembangan Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android

Authors

  • Kadek Surya Adi Saputra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ayu Widari Upadani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Gusti Ngurah Aditya Krisnawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.53842/juki.v5i1.169

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, Alat Musik Tradisional Bali

Abstract

Teknologi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Manusia telah mampu menciptakan teknologi untuk melakukan dan menyelesaikan kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Media pendidikan salah satu penerapan teknologi yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran, selain bersifat menghibur didalamnya mengandung pengetahuan secara interaktif yang dapat disampaikan kepada penggunanya. Pengembangan media pembelajaran dapat diterapkan dalam aplikasi pembelajaran alat musik tradisional Bali berbasis android, dimana memberikan pengetahuan kepada pengguna dalam mengenal alat musik tradisional Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah media pembelajaran alat musik tradisional Bali berbasi android. Dalam pembuatan aplikasi ini mengunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan pengujian media pembelajaran ini menggunakan metode black-box testing yang digunakan untuk mengamati hasil eksekusi melalui data hasil uji yang berfokus pada persyaratan dan fungsional dari aplikasi yang dibuat. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat khususnya generasi muda untuk mengenal alat musik tradisional Bali dan melestarikan kesenian dan kebudayaan Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Anila and M. Adri, “Pengenalan Kesenian Alat Musik Tradisional Sumatera Barat Dengan Augmented Reality Berbasis Mobile Device,” Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 6, no. 1, 2022.

I. K. H. Saptiawan, I. G. Suardika, and I. M. Rudita, “Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android,” Jurnal Fasilkom, vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2021.

G. P. A. Oka, Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books, 2022.

I. K. A. Sukawirasa, I. G. A. Udayana, I. M. Y. Mahendra, G. D. D. Saputra, and I. B. M. Mahendra, “Implementasi Data Warehouse Dan Penerapannya Pada PHI-Minimart Dengan Menggunakan Tools Pentaho dan Power BI,” Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana P-ISSN, vol. 2301, p. 5373, 2008.

S. Kustinah and W. Indriawati, “Pengaruh Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Unit Usaha Toserba Koperasi PT LEN Bandung,” Journal Study & Accounting Research, vol. 14, no. 1, pp. 27–35, 2017.

H. D. Hutahaean and P. M. Hasugian, “Aplikasi Pembelajaran Kriptograpi berbasis Mobile menggunakan Computer Assisted Instruction,” Media Informasi Analisa dan Sistem, no. 1, pp. 1–4, 2019.

D. Hidayat and D. Irfan, “Rancang Bangun Aplikasi Denah Kampus Universitas Negeri Padang Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), vol. 6, no. 2, pp. 75–84, 2018.

D. A. Kurniawan, B. A. Sugiarso, and X. B. N. Najoan, “Pengenalan Alat Musik Bambu Menggunakan Augmented Reality 3 Dimensi,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 3, pp. 291–302, 2019.

S. Lorena Br Ginting and F. Sofyan, “Aplikasi pengenalan alat musik tradisional Indonesia menggunakan metode based Marker Augmented Reality berbasis Android,” Majalah Ilmiah Unikom, vol. 15, 2018.

A. Satyaputra, E. M. Aritonang, and S. Kom, Lets Build Your Android Apps with Android Studio. Elex Media Komputindo, 2016.

D. Driyani, “Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun (Waterfall),” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), vol. 3, no. 1, pp. 35–43, 2018.

F. Savestra, S. Hermuningsih, and G. Wiyono, “Peran Struktur Modal Sebagai Moderasi Penguatan Kinerja Keuangan Perusahaan,” Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, vol. 6, no. 1, pp. 121–129, 2021.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Saputra, K. S. A. ., Upadani, I. G. A. W. ., & Krisnawan, G. N. A. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(1), 52–63. https://doi.org/10.53842/juki.v5i1.169