Media Pembelajaran Rumah Adat Batak Toba “Jabu Bolon” Berbasis Multimedia dengan menggunakan Macromedia Flash
DOI:
https://doi.org/10.53842/juki.v5i1.221Keywords:
Multimedia, Pembelajaran, Rumah Adat Batak Toba, SejarahAbstract
Media pembelajaran Rumah Adat Batak Toba “jabu Bolon” ini merupakan media pembelajaran untuk mata pelajaran muatan lokal dalam melestarikan Budaya di Indonesia secara khusus di Sumatera Utara suku Batak Toba, setelah mempelajari Rumah Adat Batak Toba selanjutanya aplikasi juga menyediakan halaman evaluasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal Rumah Adat Batak Toba dan Sejarahnya dengan mengetahui bagian atau unsur yang belum dipahami oleh banyak orang. Dalam ajaran Budaya setiap orang wajib mengetahui dan mengenal budaya dan Sejarahnya agar kearifan lokal tetap terjaga dan dapat menjadi sebuah sumber pendapatan bagi dunia pariwisata. Pada umumnya Rumah Adat Batak toba dan Sejarahnya dikenalkan pada anak-anak karena sejarah dan budaya sangat baik untuk dicontoh dan ditiru oleh anak-anak agar anak tersebut dapat berkembang menjadi pribadi yang memiliki akhlak yang baik. Saat ini Indonesia semakin berkembang namun anak-anak tidak boleh melupakan dengan budaya nenek moyang atau leluhur dimana sekarang jarang siswa yang memahami karena tidak antusias dalam pembelajaran muatan lokal dikarenakan kurangnya media pembelajaran. Pada aplikasi ini pengguna akan disuguhkan sejarah rumah adat sebagai bahan bacaan dan bentuk rumah di Sumatera Utara khususnya Suku Batak Toba yang dilengkapi dengan evaluasi dengan model Puzzle dan Pilihan Ganda untuk memperdalam pengetahuan mengenai Rumah Adat Batak Toba
Downloads
References
T. Limbong, P. Simanullang, and E. Napitupulu, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Angka Untuk Usia Dini Menggunakan Objek Gambar Benda (Studi Kasus SD Negeri No. 173395 Dolok Sanggul),” Semin. Nas. Ilmu Komput., no. October, pp. 73–81, 2016, doi: 10.13140/RG.2.2.29625.57442.
T. Limbong and J. Simarmata, Media dan Multimedia, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. Bandung: Penerbit Alfabeta, Bandung, 2012.
S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak,” J. PROSISKO, vol. 3, no. 2, pp. 14–19, 2016.
Setiawan, “Cara membuat database sederhana dengan SQL Server 2008 R2 – INFO_KOMPUTER,” Media Pembelajaran, Oct. 2016. https://msetiawansite.wordpress.com/2016/10/05/cara-membuat-database-sederhana-dengan-sql-server-2008-r2/ (accessed Aug. 14, 2021).
T. Limbong, J. Simarmata, and P. Simanullang, “Pelatihan Pembelajaran Model Permainan untuk Pelajaran Muatan Lokal Aksara Batak pada Siswa SD Negeri 173403 Sirisirisi Kabupaten Humbang Hasundutan Pendahuluan Landasan Teori,” vol. 2, pp. 57–64, 2023.
Alex Nova, “Gema Budaya: Makna Filosofis Arsitektur Rumah Adat Batak,” Dec. 2011. http://gema-budaya.blogspot.com/2011/12/makna-filosofis-arsitektur-rumah-adat.html (accessed Jun. 22, 2023).
Sihotang.K, Naibaho.P, and Aritonang.E, “Tipologi fasad rumah adat batak toba,” J. Arsit. ALUR, vol. 2, no. 2, pp. 13–21, 2019.
Y. S. Antono, “Rumah Tradisional Batak Toba Menuju Kepunahan,” LOGOS J. Filsafat- Teol., vol. 4, no. 2, pp. 107–133, 2005.
A. A. Dwiana et al., “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” JURNALBASICEDU, vol. 6, no. 1, pp. 499–505, 2022.
M. S. M. Rahmi, M. A. Budiman, and A. Widyaningrum, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 178–185, 2019.
U N Tsany, A. Septian, and E. Komala, “The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8 ,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1657, p. 12074, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1657/1/012074.
T. Limbong and Z. A. Matondang, “Development of Flat Shape Learning Media to Improve Children ’ s Mathematical Understanding Using Macromedia Flash,” vol. 4, pp. 39–50, 2022.
D. Y. Pramesti and R. W. Arifin, “Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 109–122, Nov. 2020, doi: 10.31599/JSRCS.V1I2.400.