Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android

Authors

  • Zaki Makhasin Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Wahyu Sri Utami Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53842/juki.v5i2.397

Keywords:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, Objek 3D, Tata Surya, Vuforia

Abstract

Seiring dengan terus berlangsungnya perkembangan teknologi informasi setiap tahunnya, telah muncul bermacam tata cara pembelajaran yang dirancang guna menunjang proses pengajaran serta pembelajaran. Saat ini media cetak, video, dan alat peraga dasar masih menjadi andalan sebagai media pembelajaran tata surya, dengan kedudukan guru yang lebih dominan dalam membagikan uraian, sebaliknya siswa hanya sebagai pendengar. Pendekatan semacam ini cenderung kurang menekan kreativitas serta pemahaman siswa, terutama karena terbatasnya penggunaan alat peraga konvensional, meskipun teknologi terkini yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran sudah ada. Pendekatan pembelajaran yang didukung oleh media teknologi yang menarik diharapkan bisa menghasilkan proses pembelajaran yang lebih efisien serta bisa mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan augmented reality pada materi pembelajaran tata surya berupaya melakukan inovasi strategi pengajaran untuk mendorong interaksi lebih aktif antara siswa dan guru. Proses pengembangan aplikasi menggunakan metode spiral, di mana aplikasi dikembangkan secara bertahap hingga mencapai versi lengkap. Proses penerapannya melibatkan penerapan teknologi Augmented Reality pada smartphone Android menggunakan Vuforia dan Unity. Hasil akhirnya adalah program pengenalan tata surya yang dapat menampilkan informasi dan objek 3D terkait, beserta Quiz guna mengukur pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan and A. A. Ritonga, Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. 2019.

W. Santyasa, “Landasan Konseptual Media Pembelajaran,” 2007.

S. Jurusan, P. Sosiologi, U. Sultan, and A. Tirtayasa, “MEDIA PEMBELAJARAN DALAM

PROSES BELAJAR MENGAJAR,” vol. 2, no. 1, pp. 470–477, 2019.

A. Purnomo, “PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI KOMPUTASI

FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN ‘MOODLE’ SECARA ONLINE DI JURUSAN

FISIKA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG,” 2006.

Y. Suciliyana, L. Ode Abdul Rahman, K. Komunitas, F. Ilmu Keperawatan Universitas

Indonesia, D. Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar, and F. Ilmu Keperawatan,

“AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN UNTUK

ANAK USIA SEKOLAH,” vol. 2, no. 1, p. 2020, 2020.

B. A. Suryawinata, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM

MEMVISUALISASIKAN PRODUK PERUMAHAN MELALUI INTERNET,” 2010.

A. Harahap and A. Sucipto, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA

MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS

ANDROID,” 2020.

R. A. H. A. Permana and S. Sriyati, “Persepsi Guru Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Materi

yang Diajarkan,” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 4, 2021.

A. Khumaidi, J. Fisika, F. Matematika, D. Ilmu, and P. Alam, “PENGEMBANGAN MOBILE

POCKET BOOK FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 07,

no. 02, pp. 154–158, 2018.

R. Komala, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NOVICK UNTUK

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA,” vol. 1, no. 2, p. 216, 2021.

V. Inabuy, C. Sutia, O. F. T. Maryana, B. D. Hardanie, and S. H. Lestari, ILMU

PENGETAHUAN ALAM - KLS VII. 2021.

L. Fanani, M. Tri Ananta, and K. C. Brata, “Penerapan User-Centered Design dalam

Pengembangan Aplikasi Pencarian Gedung Berbasis Android,” CYBERNETICS, vol. 2, no.

, pp. 225–233, 2018.

W. E. Susanto and A. Syukron, Logika & Algoritma Untuk Pemula. 2020.

D. Yendrianof et al., ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI. 2022.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Makhasin, Z. ., & Utami, W. S. . (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(2), 301–313. https://doi.org/10.53842/juki.v5i2.397