JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI <p>Jurnal Komputer dan Informatika merupakan media informasi dan sarana untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen pada bidang Informatika. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah di publikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab penulis. Jurnal akan diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Mei dan Nopember. Hasil Plagiarisme dan smilarity Maksimal 25%, Lebih dari 25% Artikel Tidak Bisa Publish. Ruang lingkup publikasi ini adalah untuk bidang Ilmu Komputer seperti : Sistem Informasi Manajemen dan Audit Sistem Informasi Aplikasi Dekstop Web dan Mobile Sistem Pendukung Keputusan Sistem Pakar Pembelajaran berbasis Komputer Kriptografy Bidang Ilmu Koputer yang lainnya.</p> en-US tonni.budidarma@gmail.com (Tonni Limbong) alexrikisinaga@gmail.com (Alex Rikki) Sat, 25 May 2024 11:36:03 +0700 OJS 3.3.0.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 The Effect of the COVID-19 on Students’ Learning Model Preferences in the New Normal Era https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/473 <p><em>Pandemi COVID-19 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk institusi pendidikan. Sejak pandemi ini, model pembelajaran berubah dari luring menjadi daring murni pada masa puncak pandemi, kemudian menjadi hibrid (daring dan luring secara bersamaan) pada saat pandemi mulai mereda, dan akhirnya kembali menjadi luring pada masa normal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pandemi COVID-19 atau pengaruh perubahan model pembelajaran terhadap preferensi model pembelajaran mahasiswa UNAI di era new normal saat ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UNAI yang mengikuti pembelajaran luring pada semester gasal 2023/2024 yang berjumlah 1223 orang, dengan sampel acak sebanyak 125 orang. Angket yang berisi 18 pertanyaan tentang kegiatan pembelajaran, hasil belajar dan kegiatan ekstrakurikuler, dibuat dalam Google form, dan diisi oleh sampel secara sukarela. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 31,2% siswa lebih senang atau puas dengan kegiatan pembelajaran daring dibandingkan offline, 31,4% siswa merasa puas dengan hasil pembelajaran daring, dan 31,2% siswa merasa puas dengan kegiatan ekstrakurikuler. Artinya, pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 setidaknya berdampak pada 31% siswa yang puas dengan pembelajaran daring. Tidak terdapat perbedaan rata-rata kepuasan yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran daring, namun dari segi kelas terdapat perbedaan rata-rata kepuasan yang signifikan setiap angkatan (tahun masuk) mahasiswa dimana angkatan 2022 (mahasiswa baru) adalah yang tertinggi. Dan menurut fakultas, terdapat perbedaan rata-rata kepuasan mahasiswa yang signifikan diantara 6 fakultas yang ada, dimana mahasiswa fakultas IPA mempunyai kepuasan yang paling tinggi. Sekitar sepertiga siswa mengalami perubahan selama masa normal baru akibat pandemi COVID-19</em></p> <p><strong><em>.</em></strong></p> Albinur Limbong, Idauli Simbolon Copyright (c) 2024 Albinur Limbong, Idauli Simbolon https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/473 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Penggunaan Algoritma Gaussian Naïve Bayes & Decision Tree Untuk Klasifikasi Tingkat Kemenangan Pada Game Mobile Legends https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/472 <p><em>The development of technology and the internet has increased the popularity of online games, such as Mobile Legends. However, in competitions, players often experience defeat due to various factors, including player skills, team strategies, and the right hero selection. The right hero selection is very important to increase the chances of winning. Therefore, the Mobile Legends Professional League (MPL) has become a focus for competitive teams around the world. This study aimed to determine the classification of victory in MPL matches based on draft pick. Gaussian Naïve Bayes and Decision Tree were used as classification algorithm models in this study. The process in this study included cleaning data, data transformation (labeling), handling imbalanced data, scaling, splitting, and hyperparameter. The evaluation stage used confusion matrix, correlation data, and AU-ROC curve. The results of this study showed that the Decision Tree method had better performance than Gaussian Naïve Bayes in classifying data using the confusion matrix. The AUC (area under the receiver operating characteristic curve) analysis showed that the decision tree had better performance than Gaussian naive Bayes in predicting positive and negative data. This is indicated by the higher AUC value for the Decision Tree, which is 0.67 compared to Gaussian Naïve Bayes which is 0.48. Classification models with higher AUC values can more accurately distinguish between positive and negative data. In this study, the Decision Tree had a higher AUC value than Gaussian Naïve Bayes so the Decision Tree could more accurately classify victory and defeat data.</em></p> Yoga Naufal Ray Putro, Aidil Afriansyah, Radhinka Bagaskara Copyright (c) 2024 Yoga Naufal Ray Putro, Aidil Afriansyah, Radhinka Bagaskara https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/472 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Arsitektur Monolitik Pada Aplikasi Jasa Service Online Tekku Berbasis Web https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/418 <p><em>This article discusses the application of monolithic architecture in Tekku web-based online service application. The research uses the System Development Life Cycle (SDLC) method to analyze, design, implement, test, and maintain the application. The results include key features such as register, login, technician search, booking, payment, and service status. Testing was conducted using the black-box method to test the functionality of the program, with positive results on the login, logout, accept order, and update service status features. The advantages of monolithic architecture include ease of development and good performance, but the disadvantages are difficulty in developing complex features and difficult scalability. A maintenance phase is conducted to receive feedback and errors from users.</em></p> Muhammad Ali Zafar Sidiq, Muhammad Iqbal Anshori, Rifki Ainul Yaqin Copyright (c) 2024 Muhammad Ali Zafar Sidiq, Muhammad Iqbal Anshori, Rifki Ainul Yaqin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/418 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Implementation of Augmented Reality as a Media for Learning Kanji Letters https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/451 <p>Indonesia menempati posisi kedua dalam hal jumlah pelajar bahasa Jepang, Pembelajaran huruf Kanji bagi pelajar indonesia seringkali menjadi tantangan yang kompleks, hal itu disebabkan karena Kanji merupakan salah satu huruf yang paling sulit dipelajari bagi pelajar asing terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang budaya yang kuat dalam hal kanji. Pembelajaran yang hanya Keterbatasan media pembelajaran dan pendekatan pengajaran yang monoton dapat menghambat siswa dalam memperoleh pemahaman maksimal terhadap materi yang diajarkan. Maka diperlukan sebuah inovasi dengan memanfaatkan teknologi augmented reality untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dalam memperlajari huruf kanji. Proses penerapan teknologi augmented reality ini memanfaatkan metode marker-based tracking dimana objek visual akan ditampilkan ketika marker terdeteksi oleh smartphone. Pengujian marker memberikan hasil yang positif dimana marker dapat terdeteksi hingga jarak 115 cm dan dengan intensitas cahaya yang rendah. Selain itu, aplikasi kemudian diuji kelayakanya dengan melakukan kuisoner dan menghasilkan rata rata nilai 4,6 dari skala 1 -5. Hal tersebut menunjukan hasil positif sehingg aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat dan pengalaman belajar siswa.</p> Nur Rohman Eko Aji, Ikrimach Copyright (c) 2024 Nur Rohman Eko Aji, Ikrimach https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/451 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Digital Twin Dengan Komunikasi Data Nirkabel pada Liquid Filling Machine https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/457 <p><em>Mesin pengisi larutan telah menjadi kebutuhan untuk berbagai industri, untuk pengemasan minuman, makanan, bahan kimia hingga farmasi. Penggunaan mesin otomatis pengisi larutan tentu untuk menghindari ketidakakuratan jumlah larutan yang diisikan pada kemasan, sehingga dapat menjaga produsen atau konsumen dari kerugian. Dalam artikel ini, penulis melakukan implementasi teknologi digital twin untuk menyempurnakan kinerja mesin pengisi larutan berbiaya rendah dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Teknologi digital twin telah muncul sebagai alat yang menjanjikan untuk optimalisasi proses industri, dengan menghadirkan replika virtual dari sistem fisik untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja. Tujuan utama penelitian ini untuk membangun replika virtual 3D dari liquid filling machine dan komunikasi data secara nirkabel menggunakan REST API sebagai penunjang implementasi digital twin. Pengujian telah dilakukan berkaitan dengan waktu pengiriman data dengan kondisi koneksi internet yang berbeda. Diperoleh rata-rata 1,6 detik untuk mengirim data dan ditampilkan dengan visualisasi 3D sesuai kondisi mesin fisik.</em></p> Ayunda Kusuma Wardani, Aji Seto Arifianto, Achmad Sirojudin, Alfiani Nur Aziza, Anfasa Syahrul Habibie Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/457 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Internet of Things pada Aplikasi Monitoring Mesin Penggilingan Padi Berbasis Android https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/448 <p><em>UD Dwi Sri yang berdomisili di kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang bergerak di bidang pengolahan padi. Setiap hari UD Dwi Sri mengolah padi menjadi beras dan mendistribusikan ke konsumen. Namun, kesibukan pegawai menjadikan sulitnya melakukan kontrol terhadap alat penggilan padi. Alat penggilingan padi sendiri tidak akan berhenti berproses sampai listrik habis sehingga jika terjadi kesalahan pada satu mesin atau keslaahan pegawai dalam memasukan gabah yang tidak sesuai dengan pesanan maka semua mesin harus dimatikan secara mendadak. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada mesin penggilingan padi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi yang memberikan solusi dalam mengolah padi menjadi beras menggunakan mesin yang di dapat dipantau dan dikontrol melalui aplikasi berbasis android. Penelitian ini dibangun dengan susunan tahapan menggunakan metode waterfall mulai dari tahap identifikais masalah sampai pengujian. Aplikasi ini berhasil dibangun dan duji menggunakan metode backbox testing, 6 fungsionalitas sistem diuji dan menunjukan hasil yang sesuai dengan tahap perancangan.</em></p> Zayus Ramdani, Ikrimach Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/448 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/547 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 60 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen (n = 30) dan kelompok kontrol (n = 30). Kelompok eksperimen menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia selama enam minggu, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi IPA di SMP Swasta Santo Fransiskus Xaverius Namorambe, serta kuesioner yang mengevaluasi persepsi siswa terhadap aplikasi tersebut. Analisis data dilakukan menggunakan uji T berpasangan dan uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan skor pada kelompok eksperimen (24.8) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (13.9). Uji T berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada kedua kelompok (p &lt; 0.05). Uji T tidak berpasangan juga menunjukkan perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol (p &lt; 0.05). Temuan ini mendukung bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis multimedia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penggunaan elemen visual dan interaktivitas yang ditawarkan oleh multimedia membantu siswa memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi multimedia dalam kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolah</p> Tonni Limbong, Romanus Damanik Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/547 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Data Mining untuk Pemetaan Siswa Berprestasi menggunakan Metode Clustering K-Means https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/474 <p>Pendidikan memiliki peranan penting sebagai modal utama membangun kararkter bangsa. Keberhasilan murid dievaluasi berdasarkan pelajaran teoritis dan praktis, serta kehadiran murid selama di dalam kelas. Jumlah pemrosesan data yang terus meningkat mengharuskan penggunaan strategi dan metode sehingga dapat ditransformasikan menjadi informasi dan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam proses pembuatan kebijakan. Tujuan penelitian ini yaitu mengelompokan prestasi siswa berdasarkan nilai siswa menggunakan data mining dengan menerapkan algoritma K-Means. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah nilai raport PAS Ganjil SMK TON’S periode tahun 2023/2024. Perhitungan klasterisasi dengan algoritma K-Means berhasil mengelompokkan 24 siswa menjadi 3 cluster. Dimana siswa dengan kategori tinggi sebanyak 6 siswa, siswa dengan kategori cukup sebanyak 8 siswa, dan siswa dengan kategori rendah sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil evaluasi, didapat nilai Davies Bouldin Index (DBI) 0.144 atau mendekati dengan 0 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil cluster yang dihasilkan cukup baik. Dengan hasil clustering yang telah diterapkan diharapkan bisa membantu dalam mengambil keputusan dengan tepat untuk menentukan siswa berprestasi.<br>Kata Kunci : Data Mining, Prestasi, Nilai Siswa, Clustering, K-Means</p> <p>Education plays an important role as the main capital in building the nation's character. Student success is evaluated based on theoretical and practical lessons, as well as student attendance during class. The increasing volume of data processing necessitates the use of strategies and methods to transform it into information and knowledge that educators can utilize in the policy-making process. The purpose of this research is to group student achievements based on student grades using data mining by applying the K-Means algorithm. In this study, the data used are the odd semester report card of TON’S Vocational High School for the 2023/2024 period. The clustering calculation with the K-Means algorithm successfully grouped 24 students into 3 clusters, with 6 students in the high category, 8 students in the fair category, and 10 students in the low category. Based on the evaluation results, a Davies Bouldin Index (DBI) value of 0.144 was obtained, which is close to 0, so it can be concluded that the resulting cluster results are quite good. With the clustering results that have been applied, it is hoped that they can help in making precise decisions to determine high-achieving students.<br>Keyword : Data Mining, Achievement, Student Grades, Clustering, K-Means</p> Nia Dwi Rahayu, Abdul Halim Anshor, Irfan Afriantoro Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/474 Sat, 25 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Case-Based Reasoning Untuk Pendeteksian Penyakit Sapi Dengan Algoritma Naïve Bayes https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/454 <p>Sapi adalah hewan ternak paling umum di Indonesia dengan jumlah 18.610.148 ekor pada tahun 2021. Seperti hewan ternak lainnya sapi dapat terserang berbagai macam penyakit. Berdasarkan data dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kayu Putih, Nusa Tenggara Timur (NTT) di tahun 2022 penyakit yang biasanya dialami oleh sapi adalah Avitaminosis, Athritis, Bloat, Malnutrisi, Hipocalsemia, Helminthiasis, Abses, Vulnus, dan Septicemia Epizootika. Penyakit-penyakit yang diderita sapi ini menjadi isu penting karena dapat membahayakan konsumen akibat tertular penyakit tersebut, khusunya di Kota Kupang yang menjadi produsen daging sapi terbanyak di NTT dengan 2.600.718 Kg pada tahun 2022. Adapun masalah lain yang dialami peternak sapi di Kota Kupang adalah kekurangan dokter hewan yang hanya berjumlah 11 orang dan harus menangani sapi dengan jumlah sebanyak 7.840 ekor pada tahun 2022. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pengembangan sebuah sistem pakar yang dapat memberikan diagnosis awal berdasarkan gejala yang diinput peternak. Sistem pakar yang dibangun pada penelitian ini adalah sistem berbasis kasus atau Case-Based Reasoning (CBR) dengan metode indexing Naïve Bayes yang dapat memudahkan peternak mendiagnosis penyakit ternak sapinya. CBR merupakan teknik pencarian solusi berdasarkan pengalaman masa lalu untuk menyelesaikan masalah di masa mendatang. Adapun tahapan yang dilakukan pada CBR adalah Retrieve, Reuse, Revise, dan Retain. Hasil pengujian sistem Case-Based Reasoning menggunakan 8-fold cross validation pada 96 data didapat rata-rata similarity 99% dengan rata-rata waktu 0,071 detik. Sistem yang dibangun berbasis web untuk memudahkan pengaksesan secara dalam jaringan oleh pengguna.</p> Clarissa Elfira Amos Pah, Derwin Rony Sina, Ahmad Z. Farhan Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/454 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0700 Sistem Aplikasi Pendukung Keputusan Menggunakan Metode AHP Dalam Menentukan Kinerja Pegawai Kantor Desa Suka Maju Deli Serdang https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/436 <p style="text-align: justify;"><em>Performance assessment is something that must be done by a company, whether private or public. Performance appraisal can provide rewards or punishment for an employee's performance based on whether the work they do is good or bad. The assessment carried out in this research was implemented by creating a system which was carried out using one method, namely AHP (Analytic Hierarchy Process). The measurement process is carried out by applying the waterfall method. The results of research carried out by applying the AHP decision support system method can provide efficient results and the level of data accuracy is close to perfect.</em></p> Rianto Sitanggang, Immanuel H. G. Manurung, Alexander F.K. Sibero, Husnul Khair Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/436 Wed, 29 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Naïve Bayes Classifier dalam Klasifikasi Sentimen Publik di Twitter terhadap Puan Maharani https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/479 <p><em>Twitter adalah salah satu jejaring sosial terpopuler di Indonesia, dengan 18,45 juta pengguna aktif pada tahun 2022. Politisi berpengaruh Puan Maharani menjadi topik hangat di pesta ulang tahunnya di tengah protes harga bahan bakar. Analisis sentimen dapat membantu memahami keseluruhan sentimen yang diungkapkan di Twitter tentang Puan Maharani. Dua jenis dataset yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dataset tidak seimbang (9000 tweet: 7800 positif, 1200 negatif) dan dataset seimbang (2400 tweet: 1200 positif, 1200 negatif). Metode Naive Bayes classifier digunakan untuk klasifikasi sentimen, meliputi pengumpulan data, pelabelan, preprocessing, pembobotan TF-IDF, seleksi fitur, pembagian data, klasifikasi Naive Bayes, dan evaluasi dengan confusion matrix. Data dibagi dengan rasio 70:30, 80:20 dan 90:10 untuk data latih serta data uji. Feature selection menggunakan threshold 0,001. Merujuk hasil penelitian yang dilaksanakan, bisa disimpulkan bahwsanya analisis sentimen dapat menjadi alat yang efektif untuk memahami pendapat masyarakat khususnya netizen di platform Twitter terkait dengan persepsi terhadap Puan Maharani. Nilai akurasi tertinggi dari dataset tidak seimbang didapatkan yaitu sebesar 88.89% pada rasio pembagian data latih dan data uji 90:10 serta akurasi tertinggi dari dataset seimbang sebesar 81.0% pada rasio pembagian data 90:10.</em></p> Rizki Hidayat, Muhammad Fikry, Yusra, Febi Yanto, Eka Pandu Cynthia Copyright (c) 2024 JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/479 Thu, 30 May 2024 00:00:00 +0700 Sistem Informasi Data Induk Dosen Pada Universitas Dipa Makassar https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/450 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat suatu Sistem Informasi yang dapat digunakan oleh dosen maupun jurusan dalam megelola data induk dosen berupa biodata dosen, dokumen surat keputusan, dokumen surat tugas, dokumen sertifikat, dokumen personal dosen, dokumen laporan hasil kegiatan dosen dan berbagi dokumen. Objek yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah dosen dan dokumen data induk dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sistem Informasi dapat mempengaruhi efektivitas tata kelola dokumen; (2) Sistem Informasi dapat memberikan dampak positif pada kemudahan dalam berbagi dokumen; (3) Sistem Informasi dapa membantu staf jurusan dalam menyajikan informasi dokumen surat-surat dosen kepada dosen yang bersangkutan dengan cepat.</em> <em>Berdasarkan hasil penilitian yang telah dilakukan secara umum untuk pengaplikasian sistem informasi pada Universitas Dipa Makassar sudah cukup baik. Namun masih ada bagian-bagian tertentu yang masih perlu dirancang dan dibuat untuk memenuhi permintaan akan layanan yang berbasis teknologi informasi. Seperti kemampuan dari karyawan, staf dalam pengoperasian software aplikasi sistem yang digunakan, penyediaan komputer khusus untuk bagian tertentu agar pemanfaatan teknologi informasi dapat diterapkan secara penuh</em><strong><em>.</em></strong></p> Muhardi, Muh. Syahlan Natsir Copyright (c) 2024 Muhardi, Muh. Syahlan Natsir https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ioinformatic.org/index.php/JUKI/article/view/450 Thu, 30 May 2024 00:00:00 +0700