Pengklasifikasian Data Pasien Tes Urine Dengan Metode Clustering Pada Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut (BNNP SUMUT)

Authors

  • Bunga Lestari Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sofiah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ega Yolanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53842/juki.v4i2.132

Keywords:

PENGKLASIFIKASIAN DATA PASIEN TES URINE, METODE CLUSTERING, BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SUMUT (BNNP SUMUT)

Abstract

Data mining merupakan proses penggalian informasi dan pola yang bermanfaat dari data yang sangat besar. Data mining mencakup pengumpulan data, ekstraksi data, analisis data, dan statistik data. Data mining juga dikenal sebagai Knowledge discovery, Knowledge extraction data/pattern analysis, information harvesting, dan lain-lain. Tes urin adalah proses untuk mengetahui kondisi fisik seseorang menggunakan atau tidaknya  keterkaitan pasien terhadap penyalahgunaan narkotika. Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP SUMUT) adalah sebuah lembaga pemerintah non-kementrian (LPNK) Indonesta yang memiliki tugas di bidang P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika). Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode clustering algoritma k-means yang merupakan salah satu teknik Data Mining untuk pengklasifikasianan data Pasien Tes Urin di BNNP Sumut. Dengan meneliti sebanyak  20 data alternatif pasien tes urin dan memberikan jumlah cluster sebanyak 3, dan memanfaatkan 3 kriteria utama sebagai penelitian di laporan ini, menghasilkan jumlah cluster 1 sebanyak 5 data, cluster 2 sebanyak 7 data dan cluster 3 sebanyak 3 data. Sistem pengklasifikasian data pasien tes urin ini di rancang dengan menggunakan software Weka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arham, Muhammad dan Nasir, Muhammad.2020. Data Mining - Algoritma dan Implementasi. Penerbit Andi.

Darmi, Yulia dan Agus Setiawan. 2016. “Penerapann Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk”. Jurnal Media Informatika, Vol.12, No.2.(hlm. 148-157). Yogyakarta:STMIK AMIKOM.

Djagoan, Tawaja Ramzia dan Dominggus, Idhan.2021. “Strategi Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pulau Morotai dalam Melakukan Penangganan dan Pemberantasan Narkoba Didaerah Perbatasan”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Volume 7, No.4.(hlm. 638-648).

Duhita, Whinda Mega Pradnya. 2015. “Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Status Gizi Balita”. Jurnal Informatika, Vol.15, No.2.(hlm. 160-174). Yogyakarta:STMIK AMIKOM.

Firdaus, Diky. 2017. “Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer”. Jurnal Format, Volume 6, No.2.(hlm. 91-97). Jakarta:Universitas Mercu Buana.

Hakim, Muhammad Luqmanul. 2020. “Pengelompokan Data Transaksi Penjualan Menggunakan A;lgoritma Clusreing K-Means Pada Toko An Nur”. Skripsi. Universitas Semarang. Semarang.

Inassa, Ista. 2019. “Kegiatan Tes Urine Sebagai Upaya P4GN di Instansi Pemerintahan Oleh BNNP Jawa Timur (Studi Kasus di Kantor Bea Cukai Surabaya)”. MTPH journal, Volume 3, No.2.(hlm. 148-163). Surabaya:Universitas Airlangga.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Hasibuan, B. L. ., Sofiah, S., & Yolanda, E. . (2023). Pengklasifikasian Data Pasien Tes Urine Dengan Metode Clustering Pada Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut (BNNP SUMUT). JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(2), 183–193. https://doi.org/10.53842/juki.v4i2.132