Implementation of Augmented Reality as a Media for Learning Kanji Letters

Authors

  • Nur Rohman Eko Aji Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ikrimach Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53842/juki.v6i1.451

Keywords:

kanji, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Indonesia, Aplikasi

Abstract

Indonesia menempati posisi kedua dalam hal jumlah pelajar bahasa Jepang, Pembelajaran huruf Kanji bagi pelajar indonesia seringkali menjadi tantangan yang kompleks, hal itu disebabkan karena Kanji merupakan salah satu huruf yang paling sulit dipelajari bagi pelajar asing terutama bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang budaya yang kuat dalam hal kanji. Pembelajaran yang hanya Keterbatasan media pembelajaran dan pendekatan pengajaran yang monoton dapat menghambat siswa dalam memperoleh pemahaman maksimal terhadap materi yang diajarkan. Maka diperlukan sebuah inovasi dengan memanfaatkan teknologi augmented reality untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dalam memperlajari huruf kanji. Proses penerapan teknologi augmented reality ini memanfaatkan metode marker-based tracking dimana objek visual akan ditampilkan ketika marker terdeteksi oleh smartphone. Pengujian marker memberikan hasil yang positif dimana marker dapat terdeteksi hingga jarak 115 cm dan dengan intensitas cahaya yang rendah. Selain itu, aplikasi kemudian diuji kelayakanya dengan melakukan kuisoner dan menghasilkan rata rata nilai 4,6 dari skala 1 -5. Hal tersebut menunjukan hasil positif sehingg aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat dan pengalaman belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Foundation, "The Japan Foundation," 2018. [Online].Available: https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey18.html. [Accessed 03 March 2024].

Dani, A., Rahayu, N., & Yohani, A. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizlet Sebagai Media Pembelajaran Kanji. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(1), 65-69.

Pangaribuan, J. J., Maulana, A., Zesty, J., & Nadjar, F. (2022). Simpuru: Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Jepang dalam Aplikasi Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 5(2), 60-65.

Firdanu, R., Achmadi, S., & Wibowo, S. A. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276-282.

Sari, I. P., Batubara, I. H., & Basri, M. (2023). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209-215.

Logayah, D. S., Salira, A. B., Kirani, K., Tianti, T., & Darmawan, R. A. (2023). Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 7(1), 326-338.

Makhasin, Z., & Utami, W. S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Augmented reality dalam Pembelajaran Tata Surya Berbasis Android. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 301-313.

Zakir, S. (2024). Penggunaan Canva Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di Sma Negeri 1 Candung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(1), 70-77.

Prasetya, M. F. S., & Sutresna, J. (2023). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Android. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 2(04), 1131-1135.

Nugroho, R. A., & Kalifia, A. D. (2023). Aplikasi Pemandu Wisata Pada Candi Plaosan Berbasis Augmented Reality. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 351-359.

Sumiati, M., Abdillah, R., & Cahyo, A. (2021). Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta. Jurnal Fasilkom, 11(2), 79-86.

Ratumurun, S., & Joseph, C. N. (2023). Implementasi Model Flowchart Perancangan Sistem Informasi Akuntansi untuk Permintaan Dana/Advance. Public Policy (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 4(1), 97-106.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Aji, N. R. E., & Ikrimach, I. (2024). Implementation of Augmented Reality as a Media for Learning Kanji Letters. JUKI : Jurnal Komputer Dan Informatika, 6(1), 37–45. https://doi.org/10.53842/juki.v6i1.451