Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.53842/juki.v6i1.547Keywords:
Aplikasi pembelajaran, multimedia, hasil belajar, IPA, pendidikan, teknologi pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 60 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen (n = 30) dan kelompok kontrol (n = 30). Kelompok eksperimen menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia selama enam minggu, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi IPA di SMP Swasta Santo Fransiskus Xaverius Namorambe, serta kuesioner yang mengevaluasi persepsi siswa terhadap aplikasi tersebut. Analisis data dilakukan menggunakan uji T berpasangan dan uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan skor pada kelompok eksperimen (24.8) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (13.9). Uji T berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada kedua kelompok (p < 0.05). Uji T tidak berpasangan juga menunjukkan perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol (p < 0.05). Temuan ini mendukung bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis multimedia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penggunaan elemen visual dan interaktivitas yang ditawarkan oleh multimedia membantu siswa memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi multimedia dalam kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolah
Downloads
References
Aloraini, S. (2012). The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University. Journal of King Saud University - Languages and Translation, 24(2), 75-82.
Ebner, M., & Holzinger, A. (2007). Successful implementation of user-centered game-based learning in higher education: An example from civil engineering. Computers & Education, 49(3), 873-890.
Garrison, D. R. (2011). E-learning in the 21st century: A framework for research and practice. Routledge.
Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 395-402.
Mayer, R. E. (2003). The promise of multimedia learning: using the same instructional design methods across different media. Learning and Instruction, 13(2), 125-139.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2007). Interactive multimodal learning environments. Educational Psychology Review, 19(3), 309-326.
Reeves, T. C. (2006). Design research from a technology perspective. In J. Van den Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney, & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research. Routledge.
Ruiz, J. G., Mintzer, M. J., & Leipzig, R. M. (2006). The impact of e-learning in medical education. Academic Medicine, 81(3), 207-212.
Selwyn, N. (2010). The use of computer technology in university teaching and learning: a critical perspective. Journal of Computer Assisted Learning, 26(2), 83-94.
Wang, Y., Wu, M., Liu, W., & Yang, J. (2014). The effect of multimedia learning resources in primary schools. Journal of Computer Assisted Learning, 30(6), 600-612.